1 Desember 2017

Tugas Akhir (TA)

Tugas (tiada) Akhir

Assalamu’alaikum. Helloow👋
Akhirnya nyempetin nulis lagi di sela-sela penghujung semester ini. Kali ini mau ngebahas tentang Tugas Akhir alias SKRIPSI. Saya udah mulai progam untuk Tugas Akhir ini di Semester 6 yaitu Mata Kuliah Kolokium. Mata kuliah Kolokium ini semacam proposal skripsi yang isinya BAB 1,2, dan 3. Waktu itu, ada info tawaran judul dari dosen terkait tema industri kreatif. Nah, pas semester 6 ini saya masih bingung mau ambil tema judul skripsi apa. Saya tertarik dengan tema bencana tapi mikir-mikir lagi kok kayaknya ribet ya kalau mau ambil skripsi yang lokasinya di Riau. Trus akhirnya saya konsul sama Dosen spesialis Bencana di angkatan saya, dan beliau merekomendasikan temannya yang juga dosen di UNRI dan ternyata ada juga dosen lainnya di jurusan saya ini yang sudah ada link dengan Pemerintah Kabupaten saya karena pernah mengerjakan proyek disana. Tapi saya terlalu takut untuk mengikuti kemauan saya, karena pasti biayanya yang besar  dan akhirnya  saya coba-coba untuk ikut tema yang ditawarkan dosen tadi. Tema skripsi yang saya ambil tentang Industri Kreatif Desain Grafis Kota Malang. Tema ini sangat jauh kaitannya dengan dunia perkuliahan saya selama beberapa tahun ini, sangat ekonomi dan tidak ada spasialnya sama sekali. Balik ke kolokium tadi, akhirnya saya lulus di mata kuliah kolokium dengan nilai yang Alhamdulillah memuaskan. Tapi kembali lagi, setiap buka laptop ngerjain pasti ujung-ujungnya saya mikir mau nyerah tapi udah nanggung, sudah terlalu jauh. Saya bukannya lupa sama perjuangan orang tua saya, tapi ternyata begini rasanya mengerjakan skripsi, jauh beda saat studio dulu. Mungkin karena ini tema yang sangat bukan saya sekali, literaturnya yang sedikit dan tambah lagi ini bukan penelitian tapi perencanaan. 😭

Sebenarnya saya tipe orang yang menyukai tantangan, seperti mencoba hal-hal baru. Seperti awal kuliah dulu, ketika dapat sektor drainase. Saya yang awalnya kurang sreg karena merasa itu sektor buangan, tapi akhirnya jadi suka sama drainase karena ternyata menarik. Tapi entah kenapa, di skripsi ini daya juang saya rendah sekali 😭. Saya sudah berusaha untuk suka, trus semangat trus tiba-tiba down lagi dan kabur lagi. Siklusnya selalu begitu, dan karena semangat yang naik turun terus itu akhirnya skripsi saya nggak selesai-selesai juga.

Saya cuman mau pesan buat adek saya nanti. Kalau udah skripsi, pilih tema yang kamu suka, gak usah sok-sok suka tantangan/ hal baru. Karena kalau udah suka,pasti bakal ikhlas ngejalaninnya. Nggak kayak saya sekarang ini terseok-seok buat nyelesaikan semuanya.

Sekian cuap-cuap gak jelas saya kali ini dan banyak nggak nyambungnya. Saya cuman mau nulis ini karena suasana hati saya yang sedang mellow banget akhir-akhir ini dan jadi hobi nangis. Ngeliat teman-teman terdekat dan tetangga saya wisuda, saya sedih. Tambah lagi keinginan orang tua yang sudah mau ke Malang, pengen ngeliat anaknya ber-toga. Terlambatnya kelulusan saya ini, murni karena kelalaian saya sendiri, bukan karena dosen pembimbing, materi ataupun hal lainnya. Mudah-mudahan adek-adek saya nanti, nggak menyusul kakaknya ini yang sudah mengecewakan Ayah Ibu, mudah-mudahan mereka bisa lulus tepat waktu nantinya.
Wassalam. Bye 👐

Note: 
Btw, saya nulis ini beberapa hari sebelum saya Seminar Hasil. Semoga jalan saya untuk lulus dimudahkan oleh Allah SWT Amiiiin 😂

0 komentar:

Posting Komentar

 
;