3 Desember 2014

20 !

Assalamu'alaikum readers. :)
Sumber: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/keep-calm-i-m-20-now-5/

Tumben-tumbenan saya nge-post dalam jangka waktu yang deketan. Kali ini saya mau ngucapin HBD buat diri sendiri. Yeaaaaah, hari ini usia saya kepala 2. DUA guys. KEPALA DUA? Dari kemaren-kemaren setiap nelpon ke rumah, Ibu mesti bahasnya "Ciee, anak ibu yg udah besar sekarang. Udah berapa umurnya nak?" Dan dilanjutin sama adek-adek saya yang bilang "Ciee,kakak udah tua". Menurut saya bertambahnya umur, bertambah besar tanggung jawab kita. Tanggung jawab dengan diri sendiri, orang tua, dan Sang Pencipta kita. Saya ngerasa masih banyak kekurangan dan banyak hal yang harus  diperbaiki di usia yang mulai serius ini. Fokus utama yang harus saya ubah adalah Manajemen Waktu. Klise memang, tapi emang itu masalah yang paling parah yang sampe sekarang masih kebawa-bawa. Saya itu orang yang kebiasaannya nunda-nunda tugas, ntar pas udah bertumpuk, baru dikebut malam sebelum pengumpulannya, dan udah jelas hasilnya pas-pasan kan. Ayah dari dulu gak pernah berhenti ingetin, jangan pernah nunda-nunda tugas. Ada tugas dikerjain langsung. Tapi emang dasarnya udah jadi kebiasaan, susah buat nggak ngelakuinnya. Mungkin 'Pinter Manajamen Waktu' jadi resolusi utama di usia baru  nih. Mungkin saya harus lebih bisa lagi nge-mix use waktu yang ada (*demi apa bahasanya peweka banget:D)
Dan biasanya sebelum tidur saya udah kebiasa buat nge-review apa aja yang udah didapetin hari ini, dan ntar ujung-ujungnya saya nyesel :(. Kenapa waktu saya terbuang sia-sia, terbuang berjam-jam cuman buat berleha-leha, puas ngumpul-ngumpul doang. Ini hal yang kerasa beda banget antara dunia kuliah dan sekolah. Sekolah itu punya waktu yang jelas, jam segini gue harus ngerjain pr, kelompokan, sekolah, dll. Semua udah ada porsinya masing-masing dan setiap aktivitas itu jelas. Sedangkan kuliah "Lo yang nentuin semuanya sendiri." Mau lo gak kuliah, TA trus, nge-hedon sana-sinilah. Intinya waktu lo itu, lo yang megang kendali besar. 
1 hari 24 jam. Normalnya jam kuliah dalam sehari itu 5-6 jam. Nugas di kampus 2 jam, Tidur 3/4 jam. Sisanya kemana? Nongkrong di kampus ketawa-ketawa, main laptop ga jelas ngerjain apaan. Ntar  malemnya gak tidur, begadang ngerjain tugas, dan ujung-ujungnya nyesel "kenapa hari ini gue main trus"? Mungkin ini ada kaitannya sama faktor lingkungan. Sekarang saya tinggal di lingkungan baru, temen baru, dan suasana baru yang sama sekali gak bisa dibandingkan sama lingkungan, temen, dan suasana kayak di rumah sana. Saya mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Saya ngerasa, antara saya dan temen-temen gue kesulitan dalam menentukan prioritas. Seringnya hal yang nggak penting yang diutamain, dan yang penting justru jadi sampingan. Dan sebenarnya semua masalah itu balik ke diri kita masing-masing kan? Mungkin, eh gak boleh mungkin, Saya harus berani memilih, berani bilang nggak. Berani nentuin sikap mana yang mau saya lakuin. Mana yang harus saya duluin? Mana yang lebih bermanfaat? Saya harus milih mau nugas di kos apa di kampus. Nerima ajakan orang buat kesini-kesitu harus mikir-mikir dulu. Pokoknya saya harus berani buat ambil sikap. Jujur saya udah mulai jenuh di semester 3 ini, udah tugas studio berat, belum tugas-tugas kuliah lainnya, belum kegiatan ekstra kampusnya. Saya emang HARUS PINTAR bagi waktu. Mungkin lebih baik selesai kuliah, daripada saya nge-hedon di Kantin :D atau nongkrong/ngegosip gak jelas di gazebo, lebih baik saya pulang ke kos, nyicil tugas, ngerjain hal bermanfaat lainnya, juga perbanyak ibadah. Jujur sejak kuliah ini urusan sholat, ngaji, urusan dengan Sang Pencipta saya jadi mulai lalai :(. Ini juga karena faktor waktu yang banyak saya sia-siain. 
Saya iri sama sahabat-sahabat saya kayak Darma yang selagi kuliah bisnis Online Shop-nya jalan, ukhuwah-nya mantep, ibadahnya Subhanallah :), prestasi di kampus apalagi dan plus lagi dia juga staff BEM. Pasti kesibukannya luar biasa banget kan, tapi dia pinter banget bagi waktu. Terkadang saya jadi minder sendiri, saya udah semester 3, apa sih yang udah gue lakuin sejauh ini yang bisa dibanggain? Apa sih prestasi yang udah gue raih? Dan kembali lagi ujung-ujungnya saya nyesel. Waktu terlalu banyak yang kebuang cuma buat nongkrong gak jelas, cuman buat ngerumpi, ketawa-ketawa gak jelas. 

Harapan eh nggak ding semoga gak cuman jadi harapan tapi juga realitas. Amiiiiin ^^
Gue jadi orang yang bisa ngebagi waktu.
Punya Skala Prioritas yang jelas.
Bisa milih mana yang penting mana yang nggak. Mana yang ada manfaatnya mana yang nggak?
Gak terlalu hanyut dengan pola pergaulan yang ada.
Gak nunda-nunda tugas lagi. 

Intinya semoga di usia baru ini, saya udah harus bisa serius. BISA MILIH. Mana hal yang bener-bener saya butuhin/perluin. Harus bener-bener pinter bagi waktu buat kuliah, temen, telpon keluarga, ibadah, sosialisasi, dll. Saya harus mikir target tahun ini apa? Tahun depan apa? Beberapa tahun lagi saya jadi apa. Apa yang udah saya beriin buat orang tua ?  Semoga semua harapan saya gak cuman jadi bunga tidur doang. Saya harus bisa ngelakuinnya. HARUS BISA. Semangat Hani. (^_^)9
Sumber: www.pinterest.com

Sumber: www.pinterest.com


note:
Btw, thanks buat yang udah ngucapin semuanya, keluarga, sahabat-sahabat , temen kuliah, temen kos, dll. 'Makasih buat ucapan sederhananya di dini hari tadi yaa :)'

0 komentar:

Posting Komentar

 
;